Cara Mudah Mengunduh Seluruh Situs Web untuk Membaca Offline

Daftar Isi
Meskipun Wi-Fi tersedia di mana-mana akhir-akhir ini, Anda mungkin menemukan diri Anda tanpa Wi-Fi dari waktu ke waktu. Dan ketika Anda melakukannya, mungkin ada situs web yang Anda ingin simpan sehingga Anda dapat mengaksesnya saat offline—mungkin untuk penelitian, hiburan, atau bahkan hanya untuk anak cucu.

Menyimpan halaman web individual untuk dibaca secara offline adalah hal yang cukup mendasar, tetapi bagaimana jika Anda ingin mengunduh seluruh situs web? Jangan khawatir, ini lebih mudah dari yang Anda pikirkan. 

Alat pengunduh situs web untuk dibaca offline

Berikut adalah beberapa alat bagus yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh situs web apa pun untuk dibaca secara offline—tanpa kerumitan apa pun.

1. WebCopy

WebCopy oleh Cyotek mengambil URL situs web dan memindai tautan, halaman, dan media. Saat menemukan halaman, secara rekursif mencari lebih banyak tautan, halaman, dan media hingga seluruh situs web ditemukan. Kemudian Anda dapat menggunakan opsi konfigurasi untuk memutuskan bagian mana yang akan diunduh secara offline.

Hal yang menarik tentang WebCopy adalah Anda dapat mengatur beberapa proyek yang masing-masing memiliki pengaturan dan konfigurasi sendiri. Ini memudahkan untuk mengunduh ulang banyak situs kapan pun Anda mau; masing-masing, dengan cara yang sama setiap saat.

Satu proyek dapat menyalin banyak situs web, jadi gunakanlah dengan rencana yang terorganisir (mis., proyek "Teknologi" untuk menyalin situs teknologi).

Cara Mengunduh Seluruh Situs Web Dengan WebCopy

  1. Instal dan luncurkan aplikasi.
  2. Arahkan ke File > New untuk membuat proyek baru.
  3. Ketik URL ke dalam bidang Situs Web.
  4. Ubah bidang Simpan folder ke tempat Anda ingin menyimpan situs.
  5. Bermain-main dengan Project > Rules… (pelajari lebih lanjut tentang WebCopy Rules).
  6. Arahkan ke File > Save As… untuk menyimpan proyek.
  7. Klik Salin di bilah alat untuk memulai proses.
Setelah penyalinan selesai, Anda dapat menggunakan tab Hasil untuk melihat status setiap halaman dan/atau file media. Tab Kesalahan menunjukkan masalah apa pun yang mungkin terjadi, dan tab Dilewati menunjukkan file yang tidak diunduh. Tetapi yang paling penting adalah Peta Situs, yang menunjukkan struktur direktori lengkap situs web seperti yang ditemukan oleh WebCopy.

Untuk melihat situs web secara offline, buka File Explorer dan navigasikan ke folder tersimpan yang telah Anda tentukan sebelumnya. Buka index.html (atau terkadang index.htm) di browser pilihan Anda untuk mulai menjelajah. Seperti yang Anda lihat, ini sangat berbeda dari menyimpan halaman web individual melalui aplikasi, praktik lain yang juga terlalu umum saat ini.

Unduh: WebCopy untuk Windows (Gratis)

2. HTTtrack

HTTrack lebih dikenal daripada WebCopy, dan bisa dibilang lebih baik karena open-source dan tersedia di platform selain Windows. Antarmukanya agak kikuk dan meninggalkan banyak hal yang diinginkan, namun, ini berfungsi dengan baik, jadi jangan biarkan hal itu membuat Anda pergi.

Seperti WebCopy, ia menggunakan pendekatan berbasis proyek yang memungkinkan Anda menyalin banyak situs web dan mengatur semuanya. Anda dapat menjeda dan melanjutkan unduhan, dan Anda dapat memperbarui situs web yang disalin dengan mengunduh ulang file lama dan baru.

Cara Download Website Lengkap Dengan HTTPrack

  1. Instal dan luncurkan aplikasi.
  2. Beri nama proyek, kategori, jalur dasar, lalu klik Berikutnya.
  3. Pilih Unduh situs web untuk Tindakan, lalu ketik URL setiap situs web di kotak Alamat Web, satu URL per baris. Anda juga dapat menyimpan URL dalam file TXT dan mengimpornya, yang memudahkan saat Anda ingin mengunduh ulang situs yang sama nanti. Klik Berikutnya.
  4. Sesuaikan parameter jika Anda mau, lalu klik Selesai.
Setelah semuanya diunduh, Anda dapat menelusuri situs secara normal, cukup dengan pergi ke tempat file diunduh dan membuka index.html atau index.htm di browser.

Cara Menggunakan HTTrack Dengan Linux

Jika Anda adalah pengguna Ubuntu, berikut cara menggunakan HTTrack untuk menyimpan seluruh situs web:
1. Luncurkan Terminal dan ketik perintah berikut:
sudo apt-get install httrack

Ini akan meminta kata sandi Ubuntu Anda (jika Anda telah menetapkannya). Ketik, dan tekan Enter. Terminal akan mengunduh alat dalam beberapa menit.

2. Terakhir, ketik perintah ini dan tekan Enter. Untuk contoh ini, kami mengunduh situs web populer, Brain Pickings.
httrack https://www.brainpickings.org/

Ini akan mengunduh seluruh situs web untuk dibaca secara offline.

Anda dapat mengganti URL situs web di sini dengan URL situs web mana pun yang ingin Anda unduh. Misalnya, jika Anda ingin mengunduh seluruh Encyclopedia Britannica, Anda harus mengubah perintah Anda menjadi ini:
httrack https://www.britannica.com/

Unduh: HTTPrack untuk Windows dan Linux | Android (Gratis)

Sumber: www.makeuseof.com

Posting Komentar