Tips Membuat Website Profesional Tanpa Perlu Belajar Coding, Pake CMS!

Daftar Isi
Bagi para pebisnis yang sedang membangun personal branding, website seperti sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi salah satu channel utama yang harus ada. 

Website tidak sama dengan sosial media, karena website adalah media informasi yang fleksibel dan bisa manajemen sesuai kebutuhan. Selain berfungsi sebagai blog, website juga berperan sebagai marketplace (tempat jual beli online), forum diskusi dan sekaligus representasi brand perusahaan di dunia maya.

Seiring berkembangnya zaman, website juga ikut mengalami perkembangan. Jika dulu tampilan website hanya berupa barisan teks dan gambar sekedarnya, saat ini banyak website yang mempunyai tampilan cantik dan menarik dengan berbagai fitur yang lengkap. Selain itu, cara membuat website pun menjadi semakin simpel dan mudah tanpa butuh coding yang rumit.

Dulu, untuk membangun sebuah website, seorang developer harus menguasai coding sebagai bahasa pemrograman dan menulis kode HTML yang cukup rumit. Tetapi berkat adanya CMS, kini siapapun bisa membuat website dengan cepat dan mudah, tanpa perlu harus menguasai bahasa coding atau pemrograman.

Apa Itu CMS?

Sebuah website yang profesional, ini seseorang hanya perlu mengenal CMS sebagai solusi membuat website dengan mudah tanpa perlu belajar coding rumit. 

CMS merupakan singkatan dari Content Management System adalah program yang memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengatur, dan mengedit sebuah website tanpa perlu mengetikkan kode apapun. CMS menggunakan user interface yang sederhana dan mudah dimengerti. Sehingga orang awam pun akan mampu mengoperasikan program ini tanpa perlu menggunakan buku panduan.

Mereka bisa merancang desain dan mengatur fitur website menggunakan template dan extension yang telah tersedia. Dengan CMS, mereka hanya memerlukan dan menggunakan sedikit coding saja. CMS tetap menggunakan kode untuk menciptakan website yang kamu inginkan, hanya saja mereka tidak menampilkannya.

Pengguna CMS bisa membuat website tanpa perlu menulis kode (sumber:istock)

CMS bisa digambarkan seperti sebuah restoran dan Anda adalah pelanggannya. Saat Anda memesan satu menu, Anda akan menyampaikan orderan kepada pelayan termasuk beberapa permintaan seperti manis, asin, ekstra pedas atau setengah matang. Lalu setelah menunggu beberapa saat, orderan akan siap dan dihidangkan di atas meja tanpa perlu ikut memasak atau mempersiapkan bahan apapun.

Sama seperti chef yang tetap bekerja di dapur meskipun kamu tidak melihatnya, begitupula barisan kode yang tetap ditulis oleh sistem dibalik layar. Kode-kode ini secara otomatis digenerate berdasarkan permintaan yang Anda masukkan pada user interface CMS. Setelah selesai, sistem akan memproses website yang Anda buat dan mengupload kode HTML tersebut ke server.

Jika Anda melakukan kesalahan atau ingin mengupdate bagian tertentu, Anda hanya cukup masuk kembali pada page builder dan memperbaiki satu bagian spesifik tanpa perlu mengedit halaman kode yang memusingkan. Bahkan dengan headless CMS, Anda juga bisa mengatur konten untuk ditampilkan pada media digital lain seperti aplikasi smartphone, layar TV, smartwatch, dan lain sebagainya.

Website Apa Saja yang Bisa Dibuat dengan CMS?

Dengan bantuan CMS, membangun website jadi jauh lebih efisien. Anda cukup memilih tema, menyediakan domain, web hosting, lalu menyesuaikan beberapa pengaturan. Dengan sekejap, websitemu sudah selesai dan siap untuk diakses.

Tetapi jika Anda memerlukan fitur yang lebih advance dan tidak tersedia pada CMS, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan web developer profesional. Lalu, apakah semua website bisa dibuat dengan CMS? Dan website apa saja yang bisa dibuat menggunakan CMS? 

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa dibuat menggunakan CMS:
  • Blog
  • Ecommerce
  • Company profile
  • Website Portfolio
  • Majalah Online
  • Toko Online
  • Komunitas Online
  • Website Multibahasa
  • Booking Online
Pada dasarnya, hampir semua jenis website bisa dibuat menggunakan CMS. Hanya saja, fitur dan tampilan yang dapat digunakan terbatas pada template serta extension yang tersedia. Namun meski demikian, berbagai fungsi bawaan CMS yang ada saat ini sudah cukup untuk membuat website profesional yang Anda butuhkan.

Sumber: exabytes.co.id

Posting Komentar