Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pejuang Laskar Hizbullah yang Dikhianati Lurah Desanya

Dalam setiap perjuangan hampir selalu ada pengkhianatan. Termasuk dalam perjuangan para laskar Hizbullah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada tempo dulu. Mereka harus rela dikhianati oleh kepala desanya sendiri, dikhianati oleh bangsanya sendiri.

Foto dengan catatan pada bulan Juli 1948 di daerah Wijnkoopsbaai (sekarang Pelabuhan Ratu, Sukabumi). Dalam foto tersebut tampak dua orang pejuang ditahan oleh pasukan Belanda. Mereka terlihat duduk dengan diawasi dari belakang oleh beberapa tentara Belanda.
.
Mungkin foto ini terlihat biasa saja seperti foto-foto lain pada umumnya terkait penahanan pasukan Belanda terhadap pejuang Indonesia. Tetapi yang bikin miris adalah keterangan dalam foto tersebut. 

Dalam foto tersebut dijelaskan bahwa mereka ditahan karena atas dasar laporan dari Lurah desa atas keterlibatan mereka di dalam perjuangan. Kabarnya mereka berdua diketahui dari kesatuan laskar Hizbullah. Dan dijelaskan juga bahwa salah satu dari pejuang tersebut seorang "Haji" desa dan tahanan yang kedua adalah asistennya yang masih berusia muda.
.
Entah kenapa Lurah yang tidak disebutkan namanya tersebut, melaporkan mereka berdua kepada pasukan Belanda.

Sumber : Foto Collectie Dienst voor Legercontacten Indonesië

Posting Komentar untuk "Pejuang Laskar Hizbullah yang Dikhianati Lurah Desanya"