FACEBOOK Resmi Ganti Nama Menjadi META, Ini Alasannya

Daftar Isi
CEO Facebook Mark Zuckerberg telah resmi mengubah nama perusahaan induknya menjadi Meta, Kamis (28/10/2021).

Ilustrasi, kompas.com
Apa? Benarkah? Ya, perusahaan milik pria 37 tahun tersebut, yaitu Facebook, secara resmi telah berganti nama menjadi Meta.

Mark Zuckerberg sendiri yang telah mengumumkan pergantian nama Facebook menjadi Meta. Istilah Meta sendiri berasal dari kata Metaverse.

Lantas, apa itu arti dari Meta?

Mengutip pemberitaan yang telah banyak beredar, Metaverse terdiri dari kata meta yang berarti melampaui dan verse (universe) yang berarti alam semesta.

Jadi, Metaverse adalah alam semesta fiktif yang memungkinkan tidak hanya merujuk ke dunia virtual, tetapi Internet secara keseluruhan, termasuk seluruh spektrum pengalaman interaktif.

Pengertian singkatnya, Metaverse adalah tempat dunia fisik dan digital bersatu. Orang-orang bisa melakukan berbagai macam aktivitas pertemuan, mencoba baju, pergi ke konser tanpa kontak fisik.

Alasan Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Menurut Zuckerberg, seperti dikutip The Verge, Jumat (29/10/2021) bahwa perusahaannya adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk terhubung.

Nama baru itu juga bisa membuka ekonomi kreator yang jauh lebih besar," tutur pria berusia 37 tahun itu.

Dia menjelaskan nama Meta dipilih untuk mewakili masa depan dan memperkuat posisi mereka di dunia metaverse, yang dipandang Zuckerberg sebagai masa depan internet.

Menurut Zuckerberg, ada dua kategori segmen yang berbeda. Satu segmen untuk aplikasi sosial dan satu segmen lagi untuk platform masa depan.

Nama Facebook, kata Zuckerberg, tidak sepenuhnya mencakup semua hal yang dilakukan perusahaan sekarang dan masih terkait dengan satu produk.

Zuckerberg juga berharap dan optimis bahwa seiring berjalannya waktu, perusahaan miliknya akan terlihat sebagai perusahaan metaverse. 

Pria kelahiran New York, Amerika Serikat tersebut mengaku saat ini sudah memegang akun resmi Meta di Twitter dan meta.com.

Saat berita ini dilansir, lanjut Zuckerberg, sementara masih dialihkan ke laman selamat datang Facebook dan memberikan informasi tentang perusahaan secara umum.

Sebelumnya, tautan meta.com dialihkan ke situs meta.org.

Laman itu tentang penelitian biomedis yang merupakan proyek dari Chan Zuckerberg Science Initiative.


Posting Komentar