Kisah Unik Gus Dur Tertidur Saat Diskusi di Belanda

Berbicara soal Gus Dur, pasti selalu dikaitkan dengan hal-hal yang unik, bahkan kadang terkesan tak masuk akal. Karena beliau mempunyai banyak kemampuan menakjubkan yang lumayan sulit untuk dijelaskan.

Seperti yang pernah dikisahkan Bang Saleh Abdullah, Direktur Penerbitan terkemuka di Jogja, ketika bertemu dengan Gus Dur beberapa dekade silam di Belanda.

Ketika sedang asyik-asyiknya berdiskusi, Gus Dur mendadak tertidur. Bahkan sampai samar-samar terdengar suara dengkuran. Hal yang menandakan Gus Dur sangat pulas dalam tidurnya.

Ketika obrolan diskusi sudah cukup panjang, Gus Dur yang tertidur dibangunkan karena ada salah seorang yang ingin bertanya kepada beliau. Tentu saja pertanyaan ini tak jauh dengan topik diskusi yang sedang dibicarakan.

Ajaibnya, tanpa kebingungan sama sekali, Gus Dur mampu cas-cis-cus menjelaskan dengan panjang lebar. Tentu saja satu ruangan melongo bingung. Kok Gus Dur bisa tahu topik yang sedang dibicarakan padahal sejak awal beliau tidur?

Tanpa ragu-ragu Bang Saleh kemudian menyebutnya sebagai salah satu ilmu laduni Gus Dur yang disaksikan langsung dengan mata kepala sendiri.

Penyebutan istilah Bang Saleh ini sebenarnya karena ada sesuatu yang hilang dari penjelasan kenapa seorang kiai “seolah-olah” punya kemampuan di atas normal ketimbang orang kebanyakan. Dalam kasus Gus Dur tentu hal ini perkara beliau bisa tahu sesuatu bahkan ketika sedang dalam posisi tidur.

Hal-hal yang ketika penjelasannya belum muncul, orang memang mudah menyerahkannya pada istilah ilmu laduni atau karomah seorang kiai. Padahal kadang-kadang (tidak semua tentu saja) kejadian seperti itu sering ada penjelasan logisnya. Cuma memang cukup jarang bisa ditemukan penjelasan logisnya bagi kita orang awam.

Wallahu'alam

Belum ada Komentar untuk "Kisah Unik Gus Dur Tertidur Saat Diskusi di Belanda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel