Kemuliaan Hati Nyai Azizah Ma'shum Lasem

Daftar Isi
Simbah Nyai Azizah Ma’shum, Lasem. Demikian beliau sering disapa. Beliau adalah sosok bu nyai yang kharismatik karena keagungan akhlaknya. Di antara akhlak beliau adalah tak berkenan menerima amplop (sangu), tapi malah nyangoni.

Begitulah realitanya. Pernah pada suatu waktu, sebelum beliau wafat. Ketika itu, ada tamu sekeluarga sowan ke Beliau untuk minta ziyadah doa putra ke-3. Alih-alih mau menerima amplop (sangu) dari kami, justru waktu mau pamitan, mobil kami diisi dengan aneka macam oleh-oleh dari beliau.

Beliau adalah sosok yang santun dan bersahaja, sosok yang sangat dermawan dan juga sosok penghafal Al Qur’an yang mengamalkan apa yang ada dalam Al Qur’an. Bahkan seorang ibu-ibu yang termasuk santri beliau pernah bilang, Mbah Nyai Zah bukan hanya hafal Al-Qur’an tetapi juga hafal tafsirnya (tafsir Jalalain). Subhanallah…

Beliau juga sosok figur Bu Nyai yang suka silaturrahim, setiap beliau pergi ke luar kota, beliau selalu menyempatkan mampir ke rumah para santri santrinya yang bertebaran di sepanjang penjuru daerah, termasuk Cepu Pinggiran.

Semoga Allah Ta’ala menerima semua amal baiknya, dan semoga kita semua ketularan ilmu dan akhlaknya. Amiin..

Kagem Alm. Mbah Nyai Azizah Lahal Fatihah

Posting Komentar