Hubungan Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki Dengan Gus Dur

Kebersamaan antara cucu dari Sayyid Abbas Al Maliki dengan cucu dari KHM. Hasyim Asy’ari. Hubungan Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki dengan Gus Dur di masa lalu.

Mungkin bagi sebagian orang menyangsikan ada hubungan akrab antara as-Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki dengan KH Abdurrahman Wahid atau yang biasanya disapa Gus Dur. Padahal kalau kita mau menengok sejarah, kakeknya, as-Sayyid Abbas bin Abdul Aziz al-Maliki adalah guru dari kakeknya Gus Dur, Hadratus Syaikh Muhammad Hasyim Asy’ari sang pendiri NU. Jadi sangat wajar jika hubungan antara Abuya al-Maliki dengan Gus Dur terbilang mesra, sebagaimana hubungan kedua kakeknya dulu.

Suatu hari, Gus Dur yang waktu itu masih menjabat sebagai Ketua Umum PBNU, berkunjung ke kediaman as-Sayyid Muhammad al-Maliki di Mekkah. Gus Dur ditemani oleh KH. Said Aqil Siroj dan Ghofar Rahman. Sebagai ulama terkemuka, as-Sayyid Muhammad al-Maliki selalu dikunjungi oleh tamu dari berbagai negara.

Sewaktu Gus Dur datang ke kediamannya, di ruang tamu sudah banyak sekali orang yang mengantri hendak sowan kepada beliau. Tapi begitu Gus Dur datang, beliau langsung dipersilahkan masuk tanpa harus antri.

Bahkan Gus Dur diajak berbincang di kamar tidur pribadi as-Sayyid Muhammad, bukan di ruang tamu (ini merupakan suatu adat kebiasaan yang biasanya di lakukan untuk menghormati seorang tamu yang diistimewakan). Oleh beliau, Gus Dur dikasih uang, arloji mewah dan barang berharga lainnya sebagai tanda penghormatan.

Dalam pertemuan tersebut, Prof. DR. KH. Said Aqil Siroj mengggambarkan:

“Begitu hormatnya mereka berdua. Dan mereka bukan orang sembarangan.”

Wallahua'lam.. 

Belum ada Komentar untuk "Hubungan Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki Dengan Gus Dur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel