Cara Mudah Melacak Lokasi Lewat WhatsApp, Bisa Segera Dicoba

Daftar Isi



Begini cara gampang melacak lokasi lewat WhatsApp atau WA ternyata. Silahkan coba di HP bersistem android atau iOS yang sudah menggunakan WhatsApp.


Cara melacak lokasi via WhatsApp ini bukan bermaksud mengganggu privasi atau stalking. Cara ini lebih untuk memudahkan mereka yang punya janjian tapi belum juga ketemu sebab tidak mengetahui titik lokasinya.


Setelah mengetahui lokasi terkini, mereka tak perlu bingung atau terpaksa membatalkan janji temu mereka.



Berikut ini cara mudah mengetahui titik lokasi lewat WhatsApp yang bisa segera dicoba:


A. Gunakan Fitur Live Location di WhatsApp

Fitur ini bisa langsung melacak titik lokasi pemilik akun WhatsApp lain. Cara menggunakan fitur ini:


  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih orang atau grup yang akan diajak berbagi lokani terkini (live action). Lalu klik ikon paperclip di kanan bawah lalu pilih opsi lokasi.

  2. Klik berbagi lokasi terkini, lalu berapa lama ingin menggunakan live location. Pada opsi tambah keterangan dan jika perlu, ketik pesan yang akan dikirim.

  3. Setelah itu penerima pesan bisa melihat langsung lokasi pengirim, termasuk jika ia pindah lokasi. Fitur ini akan otomatis berhenti bila waktu berbagi live location telah habis. Dan juga bisa dihentikan dengan mengklik berhenti berbagi.


B. Melacak WhatsApp dengan Aplikasi HLR Lookup

Aplikasi Home Location Register atau HLR Lookup ini untuk melacak HLR yang akan memberi tahu lokasi pelanggan dan providernya.


Tips ini patut dicoba apalagi saat kita mendapatkan pesan penipuan lewat WA dan ingin tahu titik lokasi pelakunya. Berikut ini langkah-langkahnya:


  1. Unduh aplikasi HLR terlebih dulu

  2. Masukkan nomor WhatsApp pelaku penipuan ke dalam aplikasi HLR yang sudah diunduh, lalu klik send

  3. Setelah itu akan muncul detail kode area, layanan provider, wilayah, kota dan negara nomer tersebut. Bagikan info tersebut dengan klik send

  4. Aplikasi sering kurang akurat dalam memberikan info lokasi terkini dari pelaku, tapi info lokasi nomor didaftarkan bisa diketahui


C. Melacak lokasi dengan Google Maps

Google Maps juga bisa digunakan melacak lokasi terkini lewat WA dengan tingkat keakuratan cukup baik. Berikut ini caranya:


  1. Buka Google Maps, lalu klik simbol akun di pojok kanan atas lalu pilih berbagi lokasi

  2. Klik mulai untuk menunjukkan lokasi ke teman WA kita. Tentukan durasi berbagi lokasi real time atau bisa juga dinonaktifkan

  3. Pilih WhatsApp dan kontak yang akan dikirim info lokasi terkini.


Selamat mencoba..

Posting Komentar