Masjid Rabbani, Simbol Kemegahan Arsitektur Islam di Dakar Senegal

Keindahan Masjid Rabbani di teluk busur di bagian barat Ouakam, Dakar, Senegal (Foto: face2faceafrica)
Masjid Rabbani atau Masjid de la Divinite merupakan masjid megah yang terletak di teluk busur di bagian barat Ouakam, Dakar, Senegal. Masjid tersebut dibangun dengan gaya arsitekturnya yang menakjubkan.

Berdirinya masjid tersebut merupakan impian dari Mohamed Gorgui Seyni Guèye, seorang tokoh sufi Senegal pada  1973. Konon awalnya Seyni seolah mendengar sebuah suara yang menginstruksikan dia untuk membangun sebuah masjid.

Akhirnya pada dua dekade kemudian, menara sepanjang 45 meter itu telah berdiri dan mimpi Seyni menjadi kenyataan. Setelah dibangun, azan pertama kali berkumandang di masjid tersebut pada 1997.

Sejak itu, Masjid Rabbani telah diakui sebagai salah satu dari lima masjid terbesar yang dibangun dan dirancang arsitek Cheikh Ngom.

Keunikan masjid Rabbani dari empat masjid lainnya adalah Masjid Rabbani menawarkan sebuah pemandangan Samudra Atlantik yang tidak tertandingi. Karena secara geografis, letak Masjid tersebut tepat di sebelah pantai di dalam sebuah desa nelayan kuno Ouakam di Dakar.

Masjid Rabbani adalah salah satu pencapaian arsitektur terbesar kota ini dan menggambarkan gaya batu unik dari Islam Senegal. 

Keberadaan Masjid Rabbani pun menarik wisatawan baik Muslim maupu non-Muslim. Bagi wisatawan Muslim, mereka bebas untuk berkunjung dan berziarah. Sedangkan bagi mereka yang non-Muslim hanya diizinkan memotret dari luar masjid dan berkeliling di luar masjid.

Pantai di dekat masjid ini pun menawarkan snorkeling dan selancar. Perjalanan menuju Masjid Rabbani bisa menggunakan perahu atau jika melalui jalan raya dapat menggunakan taksi atau dapat juga dengan berjalan kaki sambil menuruni anak tangga yang panjang.

Belum ada Komentar untuk "Masjid Rabbani, Simbol Kemegahan Arsitektur Islam di Dakar Senegal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel