Amalan dan Doa Ibu Hamil Lengkap, Teks Arab Latin Dan Artinya

Banyak sekali tuntunan Islam yang terkait dengan doa-doa yang biasa dibaca oleh para wanita atau pasangan menikah, baik yang sudah hamil maupun belum. Hamil untuk seorang wanita yang sudah menikah adalah sebuah anugerah sekaligus amanah dari Allah Subhaanahu Wa Ta’aala.

Ketika seorang calon ibu diberi amanah dengan mengandung seorang anak, maka sudah sepatutnya bersyukur kepada Allah dengan menjaga kehamilan secara jasmani dan rohani.

Adapun menjaga kehamilan secara jasmani bisa dengan cara:
  • Makan makanan halalan thoyyiban, yang halal dan sehat yang mencukupi nutrisi bagi janin dalam kandungan.
  • Berolah raga, seperti senam hamil, maupun istirahat yang cukup. 
  • Rajin memeriksakan kandungan ke dokter juga merupakan ikhtiar secara jasmani.
Saat masa kehamilan, seorang calon ibu juga perlu memperhatikan kesehatan rohani sang janin dengan cara rajin membaca Al Quran, dzikir, sholawat, maupun doa-doa, dengan niatan agar setelah lahir ke dunia kelak sang anak menjadi anak yang sholeh maupun shalihah.

Banyak sekali doa dan ayat Al Quran yang bisa dibaca untuk memohon diberikan keturunan yang shalih maupun shalihah serta rupawan.

Berikut ini doa untuk ibu hamil yang biasa diamalkan pada masa kehamilan:

1. Do’a Nabi Ibrahim AS

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Quran Surat Ash Safaat ayat 100 “Rabbi Hablii minash shaalihiin” Artinya adalah, “ ya Tuhanku anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang shaleh.

2. Do’a Nabi Dzakariya AS

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Surah Ali Imran ayat 38 “Rabbi hablii mil ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’ud du’aa’.” Yang artinya, ya Tuhanku anugerahkanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik, yaitu anak yang shaleh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar do’a.”

3. Do’a Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam
“Allahumma aktsir maalii wa waladii wa wasi’lii fii daarii wa baariklii fiimaa a’thoytanii wa ahsin ‘amalii waghfirlii”
“ya Allah perbanyaklah hartaku dan anakku, serta berkahilah apa yang Engkau karuniakan padanya, perbagus perangainya, serta ampunilah aku.” Doa ini terdapat dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim.
Doa Lainnya

Ada sebagian orang berpendapat jika menginginkan anak yang tampan maka rajin-rajinlah membaca surah Yusuf. Sedangkan jika menginginkan anak perempuan yang cantik maka rajin-rajinlah membaca surah maryam dan surat Az Zukhruf.

Selain surat Maryam dan Yusuf, orang tua atau ibu yang sedang hamil bisa juga membacakan surat Yasin dengan harapan agar anak yang berada dalam kandungan termasuk juga ibu yang hamil terhindar dari godaan setan yang terkutuk.

Surat Al Fatihah juga merupakan salah satu surah yang hendaknya sering dibaca oleh ibu hamil. Tak lupa surat Al Furqan ayat 74 agar kelak diberi keturunan yang bertakwa kepada Allah.

QS Al Luqman ayat 35 dan 38 merupakan doa yang perlu dipanjatkan untuk mendapat keturunan yang shalih serta shalihah. Didalam ayat 35 juga berisi tentang janji kita kepada Allah jika diberi keturunan yang baik.

Tentu saja membaca doa-doa diatas merupakan ikhtiar terbaik yang bisa dilakukan saat masa kehamilan. Selain itu juga bisa dengan perbuatan baik lainnnya, seperti bersedekah.

Wallahu a'lam

Belum ada Komentar untuk "Amalan dan Doa Ibu Hamil Lengkap, Teks Arab Latin Dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel