Profil Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Pesantren Mambaus Sholihin

Daftar Isi
Gedung Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin
Madrasah Tsanawiyah (MTS) Mambaus Sholihin termasuk bagian dari lembaga pendidikan yang bernaung dalam pondok pesantren Mambaus Sholihin yang telah berdiri sebelumnya. Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin tersebut berdiri pada tanggal 10 Agustus 1980.

Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin merupakan lembaga pendidikan formal yang pertama kali didirikan di bawah naungan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang sejak pendiriannya masih sebatas berupa pengajian dan pengajaran diniyah non formal. Seiring berjalannya waktu, MTs. Mambaus Sholihin telah resmi mendapatkan status diakui oleh DEPAG dengan nomor SK dan NSM 2123525211040. MTs Mambaus Sholihin juga secara berturut-turut telah berhasil mendapatkan status “Terakreditasi A” sejak tahun 2005 hingga tahun 2019 ini.

Secara geografis, letak bangunan dan gedung Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin berdiri di dua area Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, yakni di area pondok putra yang bersebelahan dengan masjid jami’ desa Suci untuk gedung MTs. Mambaus Sholihin Putra, dan satunya berada di sebelah selatan SPBU Suci yang berseberangan dengan lapangan desa Suci yang diperuntukkan untuk gedung MTs. Mambaus Sholihin putri.

Karena berada di bawah pondok pesantren, maka seluruh siswa MTs. Mambaus Sholihin yang non mukim diwajibkan untuk juga bertempat tinggal di dalam pondok dan asrama yang kesehariannya dipantau dan diawasi secara non stop oleh pengurus pondok yang laporan dan perkembangannya disampaikan kepada pihak madrasah secara berkala.

Kurikulum yang dijalankan di Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin juga mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Hanya saja, Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin memiliki ciri dan kekhasan yang lebih memprioritaskan materi-materi kepesantrenan dalam kurikulumnya. Hal ini bisa dilihat dari adanya program dan kegiatan rutin yang menjadi unggulan seperti:
  • Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an tiap hari, 
  • Haflah Khotmil Imrithy dan Maqshud untuk siswa kelas akhir di tiap akhir tahun, 
  • Haflah Qiroati di tiap akhir tahun, dan banyak kegiatan lainnya.

Visi
Terciptanya manusia yang memiliki kematangan Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah, memiliki kemampuan akademik yang tinggi, yang dapat mempraktekkan, mengembangkan dan/atau menciptakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta keIslaman dan berbudi pekerti luhur.

Misi
  1. Melengkapi unit pendidikan di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin.
  2. Melaksanakan Pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  3. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam Ahlussunnah wal Jama’ah dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  4. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan, kegiatan ketrampilan (extrakurikuler) sehingga dapat mengembangkan bakat dan minat siswa juga untuk mempersiapkan siswa sebelum terjun ke masyarakat.

Tujuan
  1. Menyiapkan siswa yang berpengetahuan Agama yang mumpuni
  2. Menjadikan siswa yang rajin mengamalkan ibadah kepada AllahSWT.
  3. Menjadikan siswa yang patuh dan taat pada orang tua, guru dan masyarakat.
  4. Mencetak siswa yang terampil dalam segala bidang.
  5. Menciptaka suasana yang harmonis antar masyarakat sekolah.
  6. Melatih dan menumbuhkan kerjasama yang baik di antara masyarakat dengan Madrasah dan Pesantren.
Sumber: https://mambaussholihin.net/

Posting Komentar