Pondok Pesantren Al-Kahfi Somolangu Kebumen, Pesantren Tertua di Asia Tenggara

Pondok Pesantren Alkahfi Somalangu, yang berada di desa Sumberadi, Kebumen, Jawa Tengah merupakan salah satu pondok pesantren bersejarah tertua di Asia Tenggara yang masih eksis hingga saat ini. Pendirinya adalah Sayyid Muhammad Ishom Al-Hasani atau yang dikenal dengan nama laqob Sayyid Abdul Kahfi Al-Hasani, seorang tokoh ulama yang berasal dari Hadhramaut, Yaman, yang lahir pada tanggal 15 Sya’ban 827 H di kampung Jamhar, Syihr. Pesantren ini didirikan pada 25 Sya’ban 879 H atau Rabu, 4 Januari 1475 M.

Sayyid Abdul Kahfi Al-Hasani merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Ayahnya bernama Sayyid Abdur Rasyid bin Abdul Majid Al-Hasani dan ibunya bernama Syarifah Zulaikha binti Mahmud bin Abdullah bin Sayyid Shahabuddin Al-Huseini seorang qodhil qudhoh di Inath. Ayah dari Sayyid Abdul Kahfi Al-Hasani merupakan keturunan Rasulullah Saw ke-22 dari Sayidina Hasan ra., melalui jalur Sayyid Abdul Bar yang merupakan putera dari Sayyid Abdul Qadir al-Jaelani al-Baghdadi.

Dalam sejarahnya, Sayyid Abdul Kahfi Al-Hasani datang ke Jawa tahun 852 H/1448 M ketika masa pemerintahan Prabu Kertawijaya Majapahit atau yang dikenal dengan julukan Prabu Brawijaya I (1447 – 1451). Sistem kepengasuhan pesantren ini, sejak didirikan, diasuh oleh keturunan lelaki pertama. Saat ini, Pesantren Alkahfi diasuh oleh KH. Afifudin Chanif Al-Hasani yang merupakan generasi ke-16 dari pendiri pertama.

Sejarah Singkat

Selain pesantren Alkahfi Somalangu, pada masa itu, belum ditemukan pesantren lain yang berdiri pada tahun 1400 M, sehingga pesantren ini juga dikenal sebagai induk pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Pesantren ini sebagai pesantren bersejarah, hal ini melihat secara umum di Indonesia berdirinya sejumlah pesantren mulai merebak pada tahun 1700 M, seperti
  • Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur yang berdiri 1718 M,  
  • Ponpes Jamsaren Jawa Tengah yang berdiri tahun 1750 M, 
  • Pondok PPMH Gading Malang Jawa Timur yang berdiri tahun 1768 M, 
  • Pondok Pesantren Buntet Cirebon Jawa Barat berdiri tahun 1785 M, 
  • PP Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura yang berdiri tahun 1787 M.
Sebagai pesantren tertua, pesantren Alkahfi menjadi objek kajian oleh ratusan peneliti dari dalam dan luar negeri, termasuk oleh kalangan akademisi dari skripsi, thesis hingga disertasi. Setiap tahun, ratusan turis asing dari berbagai negara mengunjungi pesantren tertua di Asia Tenggara ini baik sekadar berwisata maupun melakukan penelitian.

Tahun dan waktu berdirinya pesantren Alkahfi ini diketahui diantaranya dari prasasti batu Zamrud Siberia (Emerald Fuchsite) yang berbobot 9 kg yang ada di dalam masjid pondok pesantren Alkahfi Somalangu. Prasasti batu yang mempunyai kandungan elemen kimia Al, Cr, H, K, O, dan Si ini bergambar hewan Bulus berkaki tiga serta bertuliskan huruf Jawa dan Arab. Huruf Jawa menandai candra sengkalanya tahun dengan bunyi “Bumi Pitu Ina”. Sedangkan tulisan huruf Arab adalah penjabaran dari arti candra sengkala tahun dalam kalender Hijriyah. Terlihat jelas angka dan tanggal yang tertera dalam huruf Arab pada prasasti batu itu tertulis “25 Sya’ban 879 H”.

Dalam sejarahnya, Sayyid Abdul Kahfi Al-Hasani mendirikan masjid dan pondok pesantren Alkahfi Somalangu dengan atapnya menggunakan daun ilalang yang selalu mengeluarkan bau wangi. Keunikan lain yang masih ada dari masjid tua terdapat pada bagian kubah atau mustaka masjid yang terbuat dari lempung atau tanah liat.

Pesantren Alkahfi Somalangu
Pesantren Tertua di Asia Tenggara
Didirikan879 H / 1475 M
JenisPesantren
AfiliasiIslam
PengasuhKH. Afifudin Chanif Al-Hasani
PendiriSayid Abdul Kahfi Al-Hasani
LokasiDesa Sumberadi, Kebumen, Jawa Tengah,
Telepon(0287) 382979


Sumber: https://id.wikipedia.org

Belum ada Komentar untuk "Pondok Pesantren Al-Kahfi Somolangu Kebumen, Pesantren Tertua di Asia Tenggara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel