Lawan yang Pernah Bergulat dengan Rasulullah SAW

Sebelum Islam datang, bangsa Arab jahiliyah juga kerap mempraktikkan olah raga gulat. Bahkan gulat, termasuk latihan yang rutin dijalankan sebagai bentuk persiapan perang. Gulat, merupakan olah raga bela diri kuno yang dikenal sejak peradaban manusia ini ada. Di tangan masyarakat Mesir kuno, gulat yang semula dipraktikkan secara sederhana, akhirnya perlahan dijadikan lebih terpola dan sistematis. Perkembangan olah raga ini pun terus menguat hingga era Yunani dan Romawi kuno.
Gulat pun masuk sebagai salah satu syarat kecakapan yang lazim dimiliki pasukan.

Di antara suku Arab yang paling dikenal sangat menggeluti olah raga gulat adalah Suku Ghassan. Pada masa Islam datang, tradisi itu masih kuat dan dijadikan sebagai barometer kejantanan pria. Tantangan semacam ini juga pernah diterima Rasulullah SAW pada awal Islam. Umar bin Khatab, termasuk salah satu nama pegulat unggulan yang dikenal khalayak sejak pra-Islam.

Pada masa Rasulullah, salah satu kisah tersohor tantangan gulat itu datang dari Rukanah bin Yazid, pegulat tangguh yang terkenal dengan kemampuannya bergulat tingkat dewa. Kisah tantangan tersebut termaktub antara lain dalam Sunan Abu Dawud dan Sunan at-Tirmidzi dan Imam al-Bukhari dalam kitabnya at-Tarikh al-Kabir.

Tantangan tersebut disambut dengan sikap terbuka dan keberanian oleh Rasulullah. Singkat kata, Rukanah bertekuk lutut dan kalah. Akibat kekalahannya itu, Rukanah masuk Islam dan menjadi pengikut setia Muhammad SAW.   

Selain Rukanah, Rasulullah juga pernah latihan gulat dengan sejumlah sahabat. Yazid putra Rukanah juga pernah bergulat dengan Rasul. Ada juga pria bernama Abu al-Aswad al-Jakhmi. Abu al-Aswad adalah sosok berkulit hitam dan sangat kuat. Tapi dalam riwayat, tak dijelaskan lebih detail, terkait latihan gulat antara Rasulullah dan Abu al-Aswad.

Gulat juga digemari oleh muda-mudi pada masa Rasulullah. Kedua cucu tercinta Rasul, yaitu Hasan dan Husain kerap berlatih gulat bersama dan disaksikan langsung Rasulullah. Wallahu a'lam..

Sumber: republika.co.id

Belum ada Komentar untuk "Lawan yang Pernah Bergulat dengan Rasulullah SAW "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel