Haramain, Kereta Cepat Mekah-Madinah Beroperasi Mulai 11 Oktober 2018

Haramain, kereta cepat impian Arab Saudi ini akhirnya telah terwujud. Kereta dengan kecepatan tinggi ini mulai melayani masyarakat Saudi pada Kamis, 11 Oktober 2018.

Kereta cepat ini melayani jalur Mekah dan Madinah. Kereta Haramain berhenti di beberapa titik termasuk Jeddah dan Kota Ekonomi King Abdullah (KAEC).

"Kereta ini beroperasi empat hari dalam sepekan, dari Kamis hingga Minggu," kata Kepala PTA, Rumaih bin Mohammed Al-Rumaih, dikutip Dream dari Arab News, Senin, 8 Oktober 2018. Secara perlahan, kata Rumaih, jumlah perjalanan kereta cepat ini akan ditingkatkan ke semua hari. Kereta cepat Haramain berjarak 450 kilometer.

Pada awal peluncurannya, akhir September 2018, harga tiket kereta cepat Haramain dijual dengan harga 20 riyal, setara Rp81 ribu, hingga 250 riyal, setara Rp1,01 juta, tergantung jarak yang ditempuh.

Kereta ini disebut mampu memangkas waktu dari Mekah ke Jeddah dengan sekitar 21 menit, Jeddah ke Bandara King Abdulaziz selama 14 menit. Sementara perjalanan dari Mekah ke Madinah diperkirakan kurang dari dua setengah jam.

Layanan kereta cepat Haramain menuju bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah rencana akan dibuka pada akhir Maret 2019.

Sumber: http://gulfbusiness.com/saudi-king-open-haramain-high-speed-rail-line-tuesday/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel