Doa Membangun Perlindungan dari Buruknya Perilaku Anggota Tubuh

Daftar Isi

Menggali Permata Kehidupan dengan Doa Perlindungan yang Diinspirasi oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Dalam rangka menjaga perilaku yang baik dan menjauhkan diri dari godaan yang merugikan, Allah SWT memberikan anugerah doa-doa perlindungan yang kuat. 

Doa-doa ini dirangkai dengan indah oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, mengajarkan kita untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari segala aspek kehidupan yang mungkin mempengaruhi perilaku kita. 

Inilah doa-doa yang mencerahkan jiwa dan mendorong kita untuk hidup dengan kesadaran yang lebih tinggi.

Doa Agar Terjaga dari Buruknya Perilaku Anggota Badan

Berpegang pada hadits riwayat al-Bukhâri dan an-Nasai, kita menemukan doa yang menginspirasi untuk menjaga pendengaran, penglihatan, lidah, hati, dan kehormatan kita. 

اللَّهُمَّ عَافِنِي مِنْ شَرِّ سَمْعِي وَبَصَرِي وَلِسَانِي وَقَلْبِي وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي

Ya Allâh! Berilah aku keselamatan dari buruknya pendengaranku, penglihatanku, lidahku, dan hatiku, serta dari buruknya air maniku.[HR. An-Nasai, Al-Bukhâri dalam al-Adabul Mufrad]

Doa ini menjadi perisai yang kokoh melawan segala bentuk keburukan dalam hidup kita. Ketika Syakal bin Humaid meminta kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk diajari doa yang bermanfaat, Beliau dengan penuh perhatian memberikan jawaban yang menyejukkan hati.

Menemukan Permata Hadits

Al-Qur'an mengajarkan bahwa pendengaran, penglihatan, dan hati akan dimintai pertanggungjawaban di hari kiamat. Inilah tanda betapa berharganya nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. 

Oleh karena itu, kita harus menghargai setiap anggota tubuh kita dan menggunakannya sesuai dengan tujuan penciptaannya. Dengan memahami hakikat 'ubudiyyah kepada Allah SWT, kita menjalankan ketaatan dalam hati, ucapan, dan tindakan kita sehari-hari.

Menggali Makna di Balik Permohonan Perlindungan

Setiap permohonan perlindungan yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam memiliki makna yang mendalam. Memohon perlindungan dari buruknya pendengaran berarti kita berusaha untuk menjauhi segala bentuk ucapan dusta, ghibah, dan perbuatan maksiat. Begitu pula, kita berharap agar pendengaran kita selalu peka terhadap kata-kata yang benar dan memberi manfaat.

Permohonan perlindungan dari buruknya penglihatan menunjukkan keinginan kita untuk menjaga penglihatan kita dari hal-hal yang diharamkan. Kita harus menghindari memandang dengan sikap merendahkan dan melihat ciptaan Allah SWT tanpa menggali hikmah di baliknya.

Dalam memohon perlindungan dari buruknya lisan, kita berupaya untuk menghindari ucapan yang tidak benar atau tidak bermanfaat. Diam ketika tidak perlu dan berbicara dengan kebenaran menjadi sikap yang diharapkan. Karena kesalahan yang sering kali merusak bermula dari bibir kita.

Memohon perlindungan dari buruknya hati adalah bentuk perlindungan terhadap keyakinan yang rusak. Dengan demikian, hati kita tidak akan tertarik kepada selain Allah SWT. Selain itu, kita berusaha menjaga hati dari penyakit seperti iri dan dengki.

Permohonan perlindungan dari buruknya mani adalah usaha untuk menjaga kemaluan kita, sehingga tidak terjerumus dalam perbuatan zina atau hal-hal yang melalaikan kita dari kebaikan.

Doa-doa ini disusun secara khusus karena mereka merupakan sumber dari segala bentuk keburukan yang mungkin menghampiri kita. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sangat peduli dengan kita sehingga beliau mengambil tangan Syakal agar pesan ini benar-benar terasa dalam hati dan pikiran kita.

Dalam perjalanan kehidupan kita, kita harus menghargai dan memanfaatkan setiap doa perlindungan ini. Mereka adalah permata yang membimbing kita melalui jalan yang benar dan melindungi kita dari godaan-godaan yang merugikan. 

Dengan menyelaraskan perilaku kita dengan doa-doa ini, kita akan menjadi individu yang lebih baik dan hidup dengan kedamaian dan kesucian yang sejati.

Sumber: Majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun XIX/1437H/2016M.

Posting Komentar