Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Bentuk Hajar Aswad yang Sebenarnya? Mengapa Kita Menciumnya?

Mungkin sebagian kalangan umat Islam masih banyak yang penasaran, tentang bagaimana sebenarnya bentuk Hajar Aswad yang sekarang. Terutama mereka yang belum pernah berangkat ke Mekkah untuk melakukan ibadah haji.

Jadi, hajar aswad adalah batu kecil-kecil itu, yang ada tanda panah. Supaya batu-batu itu tidak copot, maka diikatlah dengan batu dan pin besi, bentuknya seperti berikut ini:

Setelah diberi pin besi, maka jadilah bentuk hajar aswad itu sekarang nampak seperti gambar di bawah ini:

Mengapa kita mencium Hajar Aswad

Sudah dimaklumi bahwa kita mencium hajar aswad karena mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
Shahabat nabi setingkat Umar bin Khatthab pun hanya mampu berkata,
"Wahai batu, aku tahu engkau tidak bisa mendatangkan manfaat dan mudharat, kalaulah bukan karena Nabi Muhammad Saw menciummu, aku pun tidak mau menicummu".

Wallahu A'lam 

Foto Terbaru Hajar Aswad Menggunakan Kamera Canggih dan Teknik Khusus

Pemerintah Arab Saudi pernah mengumumkan bahwa penampakan batu Hajar Aswad telah diungkapkan melalui foto beresolusi tinggi pada Senin, (3/5/2021).

Sebagaimana telah dilansir dari CNN, (4/5/2021), Presidensi Umum Urusan Masjid Agung Saudi dan Masjid Nabawi mengungkapkan, Hajar Aswad ini telah dipotret dengan kamera canggih beresolusi tinggi, yaitu menggunakan kamera 49.000 megapiksel dan memerlukan waktu lebih dari 50 jam untuk dibidik dan dikembangkan.

Mereka juga bekerja sama dengan agen teknik Dua Masjid Suci untuk mengambil 1.050 foto Hajar Aswad, yang masing-masing kamera berukuran 160 GB.

Pemotretan ini menggunakan teknik yang dikenal sebagai penumpukan fokus, yaitu dengan menggabungkan beberapa foto dengan titik fokus yang berbeda untuk menjaga ketajaman produk akhir.

Hal tersebut dianggap penting karena kenampakan Hajar Aswad dari teknik ini belum pernah dibuat sebelumnya. Dengan teknik ini terlihat bahwa warna asli Hajar Aswad sebetulnya bukan hitam. Hal ini diungkap pada foto digital yang diperbesar.



Posting Komentar untuk "Bagaimana Bentuk Hajar Aswad yang Sebenarnya? Mengapa Kita Menciumnya?"

close