Baru Pertama Ikut, Zulaikha Siswi SMP Quran Centre Batam Langsung Jadi Juara 1 MTQ Nasional

Dari kanan- Zulaikha, kafilah Kepri yang berhasil menjadi juara 1, Maryama (ibu Zulaikha), dan Maya Fatmasari, kafilah asal Kepri yang juga juara 1 untuk cabang tahfiz 1 juz dan tilawah, usai menerima tropy juara, Minggu (15/6/2014)

Zulaikha, Siswi SMP Quran Centre Batam, Juara 1 MTQ Nasional Cabang Tilawah Anak-Anak Putri

Zulaikha, siswi SMP Quran Centre Batam, juara 1 MTQ nasional cabang tilawah anak-anak putri. Baca kisah inspiratifnya di sini. 

Latar Belakang

Zulaikha adalah seorang siswi kelas 1 SMP di Quran Centre, Batam, Kepulauan Riau. Ia memiliki bakat luar biasa dalam membaca dan melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran. Sejak kecil, ia sudah diajarkan oleh ibunya, Maryama, yang merupakan guru pertamanya, untuk mengenal huruf-huruf hijayah. Ketika berusia 5 tahun, Zulaikha sudah bisa membaca Al-Quran dengan lancar.

Prestasi

Zulaikha tidak hanya pandai membaca Al-Quran, tetapi juga memiliki suara yang merdu dan indah. Ia sering mengikuti berbagai lomba baca Al-Quran, baik di tingkat kota maupun provinsi. Ia pernah meraih juara 3 berturut-turut sejak kelas 2 SD di Kota Batam untuk golongan tartil. Kemudian, ia berhasil menjadi juara 3 untuk golongan tilawah anak di kelas 4 SD.

Prestasi Zulaikha semakin meningkat ketika ia duduk di bangku kelas 5 SD. Ia menjadi juara 1 tingkat Kota Batam golongan tilawah anak-anak. Ia juga meraih juara 2 siswa berprestasi se-Kota Batam tahun 2011-2012.

Puncak prestasi Zulaikha adalah ketika ia mewakili Provinsi Kepulauan Riau di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke XXV cabang tilawah anak-anak putri. Ia berhasil mengalahkan peserta dari berbagai provinsi lain dengan total nilai 95,5. Ia juga membuat dewan hakim terpukau dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakannya.

Pengalaman

Zulaikha mengaku bahwa ia sempat merasa gugup ketika tampil di final MTQ nasional pada Kamis (12/6/2014) lalu. Ia hanya memiliki waktu 30 menit untuk membaca Al-Quran dan melagukannya sebelum nomor urutnya dipanggil panitia. Namun, ia tetap berusaha untuk fokus dan berdoa kepada Allah SWT.

Zulaikha mengatakan bahwa ini adalah kali pertamanya tampil di MTQ nasional. Ia merasa senang dan bangga bisa menjadi peserta terbaik 1 dan membawa nama baik Provinsi Kepulauan Riau. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakannya.

Cita-Cita

Zulaikha memiliki cita-cita yang mulia, yaitu menjadi seorang dokter. Ia ingin bisa membantu banyak orang yang sakit dan menderita. Ia juga ingin bisa mengabdi kepada agama, bangsa, dan negara dengan ilmu yang dimilikinya.

Zulaikha adalah contoh dari generasi muda yang berprestasi dan berakhlak mulia. Ia membuktikan bahwa membaca Al-Quran bukan hanya sebagai ibadah, tetapi juga sebagai sumber ilmu dan inspirasi.

Sumber: [tribunbatam.id]