Azan Berkumandang di Vatikan Pertama Kalinya

Paus Fransiskus I
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, azan berkumandang secara resmi di Vatikan. Tidak hanya itu, pembacaan ayat Alquran dan shalat juga dilakukan di tempat suci umat Katolik itu.

Peristiwa bersejarah itu dapat tercipta sebagai konsekuensi atas usulan Paus Fransiskus I setelah melakukan kunjungannya ke Palestina dan Israel. Pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio tersebut melakukan itu dengan tujuan mediasi perdamaian antara Israel dan Palestina dapat diwujudkan.

Dilansir Al Arabiya.net, akhir pekan 07/06/2014, Paus mengeluarkan undangan kepada Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dalam kunjungannya ke Yordania, Israel, dan wilayah Palestina.

Peres, Abbas, dan Paus bergabung dengan para pemimpin agama samawi, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam untuk mengadakan doa kedamaian bersama. Acara bersejarah itu berlangsung pada Ahad (15/06/2014) waktu setempat.

Menurut Times of Israel, doa yang dipanjatkan pemimpin negara itu dilaksanakan dengan keyakinan masing-masing. Abbas bertugas mengumandangkan azan, shalat, dan pembacaan ayat suci Alquran, sedangkan dari Yahudi membacakan ayat-ayat Taurat. Pun dengan Paus menjalankan ritual doa sesuai kesehariannya.

Salah satu pejabat mengatakan doa malam secara bersama-sama itu menjadi 'jeda dalam politik' dan tidak memiliki tujuan politik, selain untuk menghidupkan kembali keinginan untuk perdamaian Israel-Palestina pada tingkat politik dan populer.

Pada hari Jumatnya, Paus juga bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan membahas cara-cara untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di Asia, demikian sebuah pernyataan resmi dari Vatikan.

Sumber: republika.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel