cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

5 Tips Mudah Supaya Ingatan Lebih Mantap

Seringkali kesal karena lupa menaruh kunci sepeda motor? atau kesal di depan komputer gara-gara lupa password email yang dibuat seminggu yang lalu?

Menarik ketika didapatkan satu fakta pahit bahwa manusia rata-rata akan melupakan 90% informasi setelah 30 hari, dan sebagian besarnya justru hilang dalam beberapa jam pertama. Ternyata benar bahwa manusia memang tempatnya salah dan lupa.

Tapi bukan berarti kita menjustifikasi kealpaan diri dengan hal-hal semacam itu. Ada beberapa tips & trik untuk menguatkan ingatan akan sesuatu, bisa dipakai oleh mahasiswa atau pelajar, yang lagi menghafal Al-Qur’an, pengemban dakwah yang menyampaikan materi, ataupun anda yang iseng-iseng baca,

1. Buatlah ringkasan dari informasi menarik apapun yang kita dapatkan hari ini, bisa di catatan, diary, atau lainnya.

2. Memori yang kita kenang karena emosi akan jauh lebih lama tertanam daripada yang biasa. Misal: Anda tentu masih mengingat apa saja yang Anda lakukan dan ada dimana Anda ketika hari kelulusan sekolah, ya kan? jadi buatlah ikatan emosi, sesuatu yang kita pikir sangat penting biasanya melibatkan emosi.

3. Ulangi informasi apa yang ingin kita ingat dalam waktu 30 detik sejak kita mendapatkannya, mau lewat perkataan, ataupun dimasukkan dalam pembicaraan, atau cara apapun. Semakin banyak kita mengulang, semakin bagus. Beri jeda untuk setiap pengulangan. Jadi, lebih baik Anda mengulang satu informasi untuk diingat 10x dalam 1 hari daripada 10x dalam 1 menit. Ulangi untuk mengingat, dan ingat untuk mengulangi.

4. Tidur. Karena tidur mengkonsolidasi memori seperti udara mengeraskan semen. Maka kalo lagi buntu, tidur sejenak deh, karena ketika tidur otak kita justru bekerja lebih keras untuk memecahkan masalah atau mengingat informasi. Asal jangan kebanyakan tidur.

Sumber: felixsiauw.com
Posting Komentar

Posting Komentar

close