Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santri dan Maknanya

Di kalangan dunia Islam kita sering mendengar istilah kata "santri". Santri adalah sebutan bagi murid yang mengikuti pendidikan di pondok pesantren. Pondok Pesantren adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang persentasi ajarannya lebih banyak ilmu-ilmu pendidikan agama Islam. Kebanyakan murid di Pondok Pesantren tinggal di asrama atau pondok yang disediakan di lembaga tersebut.

Pondok Pesantren banyak berkembang di pulau Jawa, namun sekarang semakin banyak pesantren di luar pulau Jawa seiring dengan makin banyaknya alumni pondok pesantren yang tersebar di berbagai pelosok nusantara.

Panggilan Santri Pondok A artinya ia pernah/lulus dari Pondok Pesantren A. Panggilan Santri Kyai A artinya ia pernah diajar oleh Kyai A. Umumnya, sebutan santri Kyai juga berarti ia pernah menjadi anak asuh, anak didik, kadang-kadang mengabdi (biasanya di rumah kediaman) kyai yang bersangkutan. Mereka biasanya disebut dengan "abdi dalem".

Sebutan santri juga identik dengan kata susastri ( sansekerta ) yang artinya pelajar agama, yaitu pelajar yang selalu membawa kitab ajaran suci ( agama ). Pada zaman pengaruh hindu budha di Nusantara, sebutan ini lebih di kenal dengan cantrik,dimana para cantrik berdiam diri dalam sebuah asrama atau pondok bersama sang guru dalam beberapa lama untuk memperdalam ilmu keagamaan. Dalam sejarah pendidikan istilah lembaga yang demikian di sebut dengan gurukulla ( sekarang disebut pondok pesantren ).

Posting Komentar untuk "Santri dan Maknanya"

close