Syamsir Alam, Pemain Indonesia Pertama di MLS

SyamsirAlam (kanan)
Syamsir Alam akhirnya resmi sebagai pemain DC United. Sebelumnya Alam bermain di CS Vise, Belgia. Pemain berusia 20 tahun itu mencatatkan dirinya sebagai pemain Indonesia pertama yang mampu menembus Major League Soccer (MLS), liga sepakbola utama di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Pada Konferensi Pers, Sabtu (2/2) di Jakarta, Alam menjelaskan bahwa, Tidak ada persiapan khusus yang ia lakukan sebelum berlaga di klub berjuluk "The Eagles" tersebut, "Saya akan fokus dan melakukan proses adaptasi dulu," Ungkap Alam.

Proses panjang yang dilakukan manajemen klub ke berbagai negara, untuk menambah kekuatan tim, akhirnya mendapatkan Alam, dari beberapa opsi pemain lain yang akan direkrut DC United.

"Dari awal tahun kita (DC United) mencari tiga pemain, satu senior dan dua junior, kita mengirim orang ke Uruguay, Brasil, dan Argentina, untuk mencari pemain non Indonesia," Ungkap pemilik klub, Erick Thohir. Ia menambahkan, pencarian pemain di kawasan eropa, Belanda serta Belgia menjadi target klub, "Disitulah kami mendapatkan Alam," Erick menjelaskan.

Dalam mengembangkan DC United, Erick Thohir sebagai pemilik klub menjelaskan. Ada dua pola manajeman yang sangat penting dilakukan, yakni, manajemen menentukan pilihan pemain sesuai dengan kebutuhan tim, serta manejemen bisnis, yaitu, dari sisi penjualan tiket dan merchandise.

"Kalau hanya sekedar mengejar target juara, dengan jorjoran merekrut pamain mahal, tanpa memikirkan sisi bisnis yang lain, resiko bangkrut sangat besar," Ungkap Erick.

Sumber: Republika.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel