Cara Menampilkan Widget di Halaman Tertentu di Blogspot

Daftar Isi

 https://www.santripos.com/2012/09/cara-menampilkan-widget-di-halaman.html

Berikut adalah artikel SEO yang saya tulis berdasarkan permintaan Anda. Saya menggunakan markdown untuk memformat artikel. Semoga bermanfaat.


# Cara Menampilkan Widget pada Halaman Tertentu di Blogspot

Widget adalah elemen yang dapat menambahkan fungsi atau fitur tertentu pada blog Anda. Misalnya, widget komentar, widget sosial media, widget iklan, dan lain-lain. Namun, terkadang Anda mungkin ingin menampilkan widget hanya pada halaman tertentu saja, seperti halaman depan, halaman posting, halaman statis, atau halaman label. Bagaimana caranya?

Langkah 1: Menambahkan Kode CSS pada Template

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menambahkan kode CSS berikut pada template blog Anda.

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<style>
#widget-id {display:block;}
</style>
</b:if>

Kode di atas berfungsi untuk menampilkan widget dengan id tertentu hanya pada halaman depan (index) blog Anda. Anda bisa mengganti `index` dengan `item` untuk halaman posting, `static_page` untuk halaman statis, atau `archive` untuk halaman label. Anda juga bisa mengganti `block` dengan `none` untuk menyembunyikan widget.

Untuk mengetahui id dari widget yang ingin Anda tampilkan atau sembunyikan, Anda bisa melihatnya pada kode HTML template blog Anda. Biasanya id widget berawalan dengan `HTML`, `AdSense`, `FollowByEmail`, atau nama widget lainnya.

Langkah 2: Menyimpan Template dan Melihat Hasilnya

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah menyimpan template blog Anda setelah menambahkan kode CSS di atas. Caranya adalah dengan klik tombol Simpan tema yang ada di pojok kanan atas halaman Edit HTML.

Setelah itu, Anda bisa melihat hasilnya dengan membuka blog Anda di browser. Anda bisa memeriksa apakah widget yang Anda inginkan sudah muncul atau hilang pada halaman tertentu sesuai dengan kode CSS yang Anda tambahkan.

Kesimpulan

Dengan cara ini, Anda bisa menampilkan atau menyembunyikan widget pada halaman tertentu di blogspot dengan mudah. Anda hanya perlu menambahkan kode CSS sederhana pada template blog Anda dan menyimpannya. Selamat mencoba!

1 komentar

Comment Author Avatar
Sabtu, Oktober 22, 2016 8:42:00 PM Hapus
top banget inh infonya. bisa langsung di coba ya. maksih